Sabtu, 12 Maret 2011

Ternyata Anak pada usia 18 bulan sudah bisa berhitung

Assalamualaikum....
Saya ingat ketika saya dan teman - teman saya pertamakali masuk SD dulu.. jujur saya masih blank ga bisa baca dan ga bisa berhitung. saya bisa baca setelah beberapa bulan menempati bangku kelas 1 SD. tapi saat ini anak - anak kita menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa, baru umur 2 atau 3 tahun saja udah pada bisa baca.


saya baru saja baca  di surat kabar (kompas) bahwa anak - anak pada usia 18 bulan udah bisa baca.. wow.. coba kita ingat - ingat kembali,, waktu kecil dulu  kita bisa berhitung pada usia berapa? waaah saking lamanya jadi ga ingat.. yang pasti kita tidak bisa berhitung pada usia tersebut... apakah ini artinya kita tidak pintar waktu itu? tidak juga. waktu itu ilmunya belum ditemukan aja dan belum ada yang rutin meneliti . dan kesadaran orang tua pada saat itu pada perkembangan anak masih sangat minim.

penelitian dilakukan pada 36 balita  dengan memutar kan video bergambar enam ikan sedang berenang, sedang video yang satunya lagi memperlihatkan   tangan menunjuk pada ke enam ikan - ikan tersebut  dengan disertai hitungan verbal satu sampai enam. sedangkan versi lain dengan dengan hitungan verbal satu sampai enam tapi tangan hanya menunjuk pada dua ekor ikan secara terus menerus.

dan hasilnya para balita itu memilih memperhatikan video yang menayangkan  urutan berhitung yang benar yaitu video pertama disertai hitungan verbal dan tunjukan jari tangan sesuai dengan jumlah yang diucapkan.

hal ini menunjukkan bahwa manusia secara alami bisa berhitung sejak dini berdasarkan apa yang disaksikannya di lingkngan dan kebiasaan lingkungannya

berikut pernyataan profesor Virginia Slaughter dan koleganya dari University of Queensland.

"Ini menunjukkan bahwa manusia belajar berhitung pada usia yang lebih dini berdasarkan paparan rutinitas berhitung dalam budayanya,"

"hasil penelitian itu membuktikan balita mulai menyerap prinsip abstrak berhitung dengan mengamati proses berhitungyang benar sebelum bisa berhitung sendiri"

beliau juga menambahkan

  "anak-anak mulai bisa berhitung setelah usia dua tahun. Namun sebelum itu, balita melihat banyak contoh berhitung yang diperagakan orang tua, saudara-saudaranya yang lebih
tua atau yang ditampilkan di televisi."

nah .. ayah bunda dari paparan profesor di atas... saatnya kita mulai memperhatikan balita kita mulai saat ini... ternyata lingkungan sangat mempengaruhi kecerdasan putra - putri kita.

seperti ikan dalam akuarium aja.. jika airnya sehat dan segar ikannpun sehat.. jika kotor yaaa ikannya pasti mabok (nyambung ga ya?) kayak lagu joua saja hehehe
... oke ayah bunda
sekian dulu...
wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar