Rabu, 09 Maret 2011

TIPS MEMBUAT ANAK JADI MANDIRI

Semua orang tua menginginkan anak yang mandiri.. artinya bisa mengurus dirinya sendiri.. mulai dari yang sangat sederhana samapai yang sulit..tapi tidak sedikit orang tua yang berpendapat bahwa itu sangatlah sulit. sebenarnya sulit tidaknya membuat anak mandiri itu  tergantung orang tuanya. berikut ini beberapa tips untuk membuat anak mandiri:
1. Bangun komuniasi Positif
hal ini sangat penting bagi anak dan orang tua, dengan adanya komunikasi yang positif antara anak dan orang tua anak bisa menjelaskan alasannya melakukan sesuatu dan orang tua lebih mudah mengajarkan anak tentang pentingnya kemandirian dan taggung jawab melalui diskusi.
2.Awali dengan yang paling sederhana
yang paling sederhana bagi anak adalah mengurus dirinya sendiri, misalnya mencuci tangan sebelum makan, merapikan mainannya sendiri, merapikan buku dan alat belajar sendiri dll. untuk yang sederhana ini dibutuhkan komunikasi yang intensif antara orang tua dan anak, hal ini sangat penting supaya anak mengetahui alasan mengapa anak harus mengurus diri mereka sendiri.
3. Berilah anak waktu untuk bermain bebas
hal ini sangat penting, karna dengan memebrikan mereka watu untuk bermain  kita memberikan kepercayaan  kepada anak untuk mengelola waktu yang mereka miliki, sehingga anak akan merasa lebih percaya diri. dan dengan bermain bebas anak juga akan menjalin komunikasi dengan orang - orang di sekitar tempat tinggalnya.
4. Libatkan anak
di rumah banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang asik kalau dikerjakan bersama - sama, seperti memetik sayuran, mengepel lantai, mencuci mobil, memotong rumput dll. manfaatkanlah aktifitas - aktifitas seperti di atas untuk menanamkan kemandirian kepada anak. berilah mereka tugas yang sanggup mereka lakukan atau lakukanlah secara bersama - sama.
5.  Berikan kesempatan
Jika anak kita  sudah aga besar, berilah mereka kesempatan dan kepercayaan untuk menentukan kegiatan - kegiatan yang ingin mereka lakukan atau mengatur jadwal harian sendiri, dengan catatan hendaknya kita  memantau secara rutin setiap kegiatan yang telah dibuat anak. jika ada aktifitas yang kurang positif.. sebaiknya segera berdiskusi dan memberikan arahan kepada anak.
6. Rayakan. 
Apresiasikanlah setiap keberhasilan yang telah dicapai oleh anak. misal ketika kita  memberikan tanggung jawab kepada anak untuk menjaga adiknya ketika kita  pergi.. jika tugas itu berjalan dengan baik berilah mereka pujian yang bisa membuat anak  semakin memahami pentingnya sikap bertanggung jawab dan mandiri. contoh lain... jika anak - anak sudah memutuskan untuk menggunakan sepatu sendiri ketika hendak ke sekolah, orang tua sebaiknya segera memberikan apresiasi yang bisa membantu anak untuk lebih semangat lagi.
7. Sempatkanlah berolah raga bersama. 
badan yang sehat dan kuat akan menambah rasa percaya diri pada anak, badan yang sehat dan fit  juga akan menimbulkan dampak positif pada emosi anak. 
8. Mulailah dengan contoh
Anak - anak kita belajar  dari lingkungannya, apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan akan menjadi pelajaran yang berharga dan akan mereka tiru. naah begitu juga dengan anak - anak kita, jika kita ingin anak - anak kita mandiri, kita harus mampu memberikan contoh kemandirian kepada anak.


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar